Selamat Datang di Blog Suka-Suka

Senin, 14 Oktober 2013

Sejarah Perkembangan Microsoft



MICROSOFT

Microsoft Corporation (NASDAQ: MSFT) adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat yang mengembangkan, membuat, memberi lisensi, dan mendukung beragam produk dan jasa terkait dengan komputer. Perusahaan ini didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tanggal 4 April 1975. Microsoft merupakan pembuat perangkat lunak terbesar di dunia menurut pendapatannya. Microsoft juga merupakan salah satu perusahaan paling bernilai di dunia.
Microsoft didirikan untuk mengembangkan dan menjual penerjemah BASIC untuk Altair 8800. Perusahan ini berhasil mendominasi pasar sistem operasi komputer pribadi dengan MS-DOS-nya pada pertengahan 1980-an, diikuti dengan jajaran sistem operasi Microsoft Windows. Penawaran umum perdana Microsoft tahun 1986, dan kenaikan tajam harga sahamnya, menciptakan tiga miliuner dan 12.000 jutawan di kalangan karyawan Microsoft. Sejak 1990-an, perusahaan ini semakin terdiversifikasi dari pasar sistem operasi dan telah melakukan sejumlah akuisisi perusahaan. Pada bulan Mei 2011, Microsoft membeli Skype Technologies senilai $8,5 miliar dan menjadi akuisisi termahal sepanjang sejarah Microsoft.
Tahun 2012, Microsoft adalah pendominasi pasar sistem operasi PC dan pasar perangkat lunak perkantoran (bersama Microsoft Office). Perusahaan ini juga memproduksi serangkaian perangkat lunak untuk desktop dan server, dan aktif di sejumlah bidang seperti pencarian Internet (Bing), industri permainan video (konsol Xbox dan Xbox 360), pasar layanan digital (MSN), dan telepon genggam (Windows Phone OS). Bulan Juni 2012, Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan memasuki pasar vendor PC untuk pertama kalinya melalui peluncuran komputer tablet Microsoft Surface.
Pada tahun 1990-an, para kritikus mulai menuduh bahwa Microsoft menjalankan praktik bisnis monopolistik dan strategi anti-persaingan, termasuk penolakan persetujuan dan pengikatan, membuat batasan yang tidak masuk akal dalam penggunaan perangkat lunaknya, dan melakukan taktik pemasaran yang tidak representatif; baik Departemen Kehakiman AS dan Komisi Eropa menyatakan perusahaan ini melanggar hukum antitrust.

1.1 Sejarah Awal
Gambar1.
Paul Allen dan Bill Gates tanggal 19 Oktober 1982, di tengah tumpukan PC setelah menangani kontrak penting. IBM memanggil Microsoft bulan Juli 1980 untuk meminta bahasa pemrograman untuk jajaran PC mereka selanjutnya;[6]:228 setelah negosiasi dengan perusahaan lain gagal, IBM memberikan Microsoft kontrak untuk mengembangkan OS untuk jajaran baru PC mereka.

Paul Allen dan Bill Gates, sesama teman masa kecil yang menggemari pemrograman komputer, berusaha membuat bisnis yang sukses dengan memanfaatkan kemampuan mereka. Majalah Popular Electronics edisi Januari 1975 menampilkan mikrokomputer Altair 8800 buatan Micro Instrumentation and Telemetry Systems (MITS). Allen mengetahui bahwa mereka bisa memprogram penerjemah BASIC untuk alat tersebut. Setelah mendapat panggilan telepon dari Gates yang mengklaim bahwa mereka punya penerjemah, MITS langsung minta didemonstrasikan. Karena saat itu mereka memang tidak punya penerjemah, Allen membuat sebuah simulator untuk Altair, sementara Gates mengembangkan penerjemahnya. Meski mereka mengembangkan penerjemah pada sebuah simulator, bukan alat aslinya, penerjemah tersebut beroperasi dengan sangat mulus ketika didemonstrasikan kepada MITS di Albuquerque, New Mexico pada bulan Maret 1975; MITS setuju mendistribusikan dan memasarkannya dengan nama Altair BASIC. Mereka secara resmi mendirikan Microsoft tanggal 4 April 1975 dan mengangkat Gates sebagai CEO. Allen mencetuskan nama "Micro-Soft", seperti yang dikatakan dalam artikel majalah Fortune tahun 1995. Pada bulan Agustus 1977, perusahaan ini membuat perjanjian dengan ASCII Magazine di Jepang dan berujung pada pendirian kantor internasional pertamanya, "ASCII Microsoft". Perusahaan ini pindah ke kantor barunya di Bellevue, Washington bulan Januari 1979.
Microsoft memasuki bisnis SO (sistem operasi) pada bulan 1980 dengan Unix versinya sendiri bernama Xenix. Tetapi, justru MS-DOS yang memperkuat dominasi perusahaan. Setelah negosiasi dengan Digital Research gagal, IBM menyetujui kontrak dengan Microsoft pada bulan November 1980 untuk menyediakan versi CP/M OS, yang akan dipakai di jajaran IBM Personal Computer (IBM PC) mendatang. Untuk persetujuan ini, Microsoft membeli tiruan CP/M bernama 86-DOS dari Seattle Computer Products, mengganti namanya menjadi MS-DOS, yang diganti lagi oleh IBM menjadi PC-DOS. Setelah peluncuran IBM PC bulan Agustus 1981, Microsoft mendapatkan kepemilikan MS-DOS. Sejak IBM mendaftarkan hak cipta IBM PC BIOS, perusahaan lain harus melakukan rekayasa mundur agar perangkat keras non-IBM dapat beroperasi sebagai komputer kompatibel IBM PC. Karena berbagai faktor, seperti pilihan perangkat lunak MS-DOS yang tersedia, Microsoft langsung menjadi vendor sistem operasi PC terdepan pada masanya. Perusahaan ini memperluas diri ke pasar-pasar baru melalui peluncuran Microsoft Mouse tahun 1983, serta divisi penerbitan bernama Microsoft Press. Paul Allen mengundurkan diri dari Microsoft bulan Februari setelah dinyatakan terserang penyakit Hodgkin.

1982-1985: Memperkenalkan Windows 1.0
Microsoft bekerja pada versi pertama dari sistem operasi baru. Interface Manager adalah nama kode dan dianggap sebagai nama akhir, tetapi nama Windows berlaku karena paling menggambarkan kotak atau komputasi “jendela” yang fundamental bagi sistem baru. Nama Windows diumumkan pada tahun 1983, namun butuh waktu untuk berkembang. Skeptis menyebutnya “vaporware.”
Pada tanggal 20 November, 1985 dua tahun setelah pengumuman awal, pengapalan Windows Windows 1.0. Sekarang, daripada mengetik perintah2 MS-DOS, Anda hanya memindahkan mouse untuk titik dan klik jalan Anda melalui layar, atau “jendela.” Kata Bill Gates, “Ini adalah perangkat lunak yang unik dirancang untuk pengguna PC yang serius …”
Ada menu drop-down, scroll bar, ikon, dan kotak dialog yang membuat program lebih mudah untuk dipelajari dan digunakan. Anda dapat beralih di antara beberapa program tanpa harus berhenti dan merestart masing-masing program. Windows 1.0 dikapalkan dengan beberapa program, termasuk manajemen file MS-DOS, Paint, Windows Writer, Notepad, Kalkulator, dan kalender, file kartu, dan jam untuk membantu Anda mengelola kegiatan sehari-hari. Bahkan ada juga game-Reversi.
Ingat disket dan kilobyte? Windows 1.0 meme
rlukan minimal 256 kilobyte (KB), dua double-sided disk drive floppy, dan kartu adapter grafis. Sebuah hard disk dan memori 512 KB direkomendasikan untuk menjalankan beberapa program atau saat menggunakan DOS 3.0 atau lebih tinggi.

1987-1992: Windows 2,0-2,11 Windows-Lebih, lebih cepat
Pada tanggal 9 Desember tahun 1987, Microsoft merilis Windows 2.0 dengan ikon desktop dan memori yang diperluas. Dengan dukungan grafis yang ditingkatkan, Anda sekarang bisa menumpang tindih jendela, mengontrol tata letak layar, dan shortcut menggunakan keyboard untuk mempercepat pekerjaan Anda. Beberapa pengembang perangkat lunak juga menulis program pertama mereka berbasis Windows untuk dirilis ini.
Windows 2.0 dirancang untuk prosesor Intel 286. Ketika prosesor Intel 386 dikeluarkan, Windows/386 berikut segera untuk mengambil keuntungan dari memperpanjang kemampuan memori. Selanjutnya Windows dirilis terus meningkatkan kecepatan, kehandalan, dan kegunaan dari PC.
Pada tahun 1988, Microsoft menjadi PC perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia berbasis pada penjualan. Komputer mulai menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi sebagian pekerja kantoran.

1990-1994: Windows 3.0-Windows NT-Mendapatkan Grafis
Pada tanggal 22 Mei 1990, Microsoft mengumumkan Windows 3.0, diikuti segera oleh Windows 3.1 pada tahun 1992, Secara keseluruhan, mereka menjual 10 juta kopi di 2 tahun pertama mereka, menjadikannya sistem operasi windows yang paling banyak digunakan. Skala keberhasilan ini menyebabkan Microsoft untuk merevisi rencana sebelumnya. Memori Virtual meningkatkan grafis visual. Pada tahun 1990 Windows mulai terlihat seperti versi yang akan didatangkan.

Gambar2. Windows 3.0
Windows sekarang memiliki kinerja yang jauh lebih baik, grafis maju dengan 16 warna, dan ikon ditingkatkan. Sebuah gelombang baru PC 386 membantu meningkatkan popularitas Windows 3.0. Dengan dukungan penuh untuk prosesor Intel 386, program berjalan terasa lebih cepat. Program Manager, File Manager, dan Print Manager tiba di Windows 3.0.
Perangkat lunak Windows diinstal dengan floppy disk yang dibeli dengan kotak yang agak besar dengan instruksi manual yang agak berat.
Popularitas Windows 3.0 tumbuh dengan dirilisnya software development kit Windows baru (SDK), yang membantu pengembang perangkat lunak lebih terfokus pada menulis program dan mengurangi pada penulisan driver perangkat.
Windows semakin banyak digunakan di tempat kerja dan dirumah dan sekarang termasuk permainan seperti Solitaire, Hearts, dan Minesweeper. Sebuah iklan: “Sekarang Anda dapat menggunakan kekuatan yang luar biasa dari Windows 3.0 untuk membuang waktu.”
Windows for Workgroups 3.11 menambahkan workgroup peer-to-peer dan mendukung domain jaringan dan, untuk pertama kalinya, PC menjadi bagian integral dari munculnya evolusi komputasi klien / server.

1984–1994: Windows dan Office
Saat mengembangkan SO baru bersama IBM tahun 1984, OS/2, Microsoft meluncurkan Microsoft Windows, sebuah ekstensi grafis untuk MS-DOS, tanggal 20 November. Microsoft memindahkan kantor pusatnya ke Redmond tanggal 26 Februari 1986, dan pada tanggal 13 Maret, Microsoft menjadi perusahaan umum; kenaikan tajam harga saham berhasil menciptakan empat miliuner dan 12.000 jutawan dari kalangan karyawan Microsoft sendiri. Karena kemitraannya dengan IBM, pada tahun 1990, Federal Trade Commission mengawasi Microsoft dikarenakan adanya kemungkinan kolusi; masa itu menandakan awal dari satu dasawarsa penuh tuntutan hukum dari Pemerintah Amerika Serikat. Microsoft mengumumkan peluncuran versi OS/2-nya kepada pembuat peralatan asli (OEM) tanggal 2 April 1987; sementara itu, perusahaan ini sedang mengerjakan sebuah SO 32-bit, Microsoft Windows NT, menggunakan ide dari OS/2; SO baru ini diluncurkan tanggal 21 Juli 1993 dengan kernel moduler baru dan antarmuka pemrograman aplikasi (API) Win32, menjadikan porting dari Windows 16-bit (berbasis MS-DOS) lebih mudah. Setelah Microsoft memberitahu IBM tentang NT, kemitraan OS/2 berakhir.
Microsoft memperkenalkan perangkat lunak perkantorannya, Microsoft Office, tahun 1990. Perangkat lunak ini terdiri dari beberapa aplikasi produktivitas kantor, seperti Microsoft Word dan Microsoft Excel. Pada tanggal 22 Mei, Microsoft meluncurkan Windows 3.0 dengan grafis antarmuka pengguna baru dan kapabilitas mode terlindungi mutakhir untuk prosesor Intel 386. Baik Office dan Windows menjadi produk pendominasi di bidangnya masing-masing. Novell, pesaing Word pada 1984–1986, mengajukan tuntutan hukum beberapa tahun kemudian yang mengklaim bahwa Microsoft meninggalkan sebagian API-nya tak terdokumentasi untuk mendapatkan keunggulan yang bersaing.
Tanggal 27 Juli 1994, Departemen Kehakiman AS, Divisi Antitrust mengeluarkan Pernyataan Dampak Persaingan yang menyatakan bahwa: "Mulai tahun 1988, hingga 15 Juli 1994, Microsoft memaksa banyak OEM untuk mengeksekusi lisensi "per prosesor" yang anti-persaingan. Di bawah lisensi per prosesor, sebuah OEM membayar Microsoft royalti untuk setiap komputer yang dijualnya yang berisi mikroprosesor tertentu, apakah OEM tersebut menjual komputer dengan sistem operasi Microsoft atau sistem operasi non-Microsoft. Akibatnya, pembayaran royalti ke Microsoft ketika tidak ada produk Microsoft yang digunakan berperan sebagai penalti, atau pajak, terhadap pemakaian sistem operasi PC saingan oleh OEM tersebut. Sejak 1988, pemakaian lisensi per prosesor oleh Microsoft terus meningkat."[26]

Windows NT
Ketika Windows NT dirilis pada tanggal 27 Juli 1993, Microsoft telah memenuhi tonggak penting: penyelesaian proyek dimulai pada akhir 1980-an untuk membangun sebuah sistem operasi canggih yang baru dari awal. “Windows NT mewakili tidak kurang dari suatu perubahan fundamental dalam cara yang perusahaan dapat mengatasi kebutuhan komputasi bisnis mereka,” kata Bill Gates.
Tidak seperti Windows 3.1, Namun, Windows NT 3.1 adalah sistem operasi 32-bit, yang membuatnya menjadi platform bisnis strategis yang mendukung rekayasa high-end dan program ilmiah.

Gambar3. Tampilan Windows NT

1995-2001: Windows 95
Pada tanggal 24 Agustus 1995, Microsoft merilis Windows 95, menjual rekor 7 juta copy dalam lima minggu pertama. Ini adalah peluncuran yang paling terpublikasikan Microsoft yang pernah diambil. fitur iklan televisi bernyanyi Rolling Stones “Start Me Up” atas gambar tombol Start yang baru. Press release sederhana mulai dari: “It’s here.” (“Ada di sini.”)

Gambar4.Tampilan Windows 95

Ini adalah era faks / modem, e-mail, dunia online yang baru, dan permainan multimedia mempesona dan perangkat lunak pendidikan. Windows 95 memiliki built-in yang mendukung Internet, jaringan dial-up, dan Plug baru dan kemampuan Play yang membuatnya mudah untuk menginstal hardware dan software. Sistem operasi 32-bit juga menawarkan peningkatan kemampuan multimedia, fitur canggih lebih untuk komputasi mobile, dan jaringan yang terpadu.
Pada saat peluncuran Windows 95, Windows sebelumnya dan sistem operasi MS-DOS yang berjalan pada sekitar 80 persen PC di dunia. Windows 95 adalah upgrade ke sistem operasi ini.
Untuk menjalankan Windows 95, Anda memerlukan PC dengan prosesor 386DX atau yang lebih tinggi (486 dianjurkan) dan paling tidak 4 MB RAM (8 MB RAM direkomendasikan). Upgrade versi kedua yang tersedia format untuk floppy disk dan CD-ROM, tersedia dalam 12 bahasa.
Windows 95 memiliki fitur penampilan pertama dari taskbar, menu Start, dan meminimalkan, memaksimalkan, dan tombol close pada masing-masing jendela.

Penangkapan Gelombang Internet
Pada awal 1990-an, teknologi orang dalam berbicara tentang jaringan-internet suatu jaringan yang memiliki kekuasaan untuk menghubungkan komputer di seluruh dunia. Pada tahun 1995, Bill Gates memberikan memo berjudul “The Internet Tidal Wave,” dan menyatakan internet sebagai “perkembangan yang paling penting karena munculnya PC.”
Pada musim panas tahun 1995, versi pertama Internet Explorer dilepaskan. Browser yang telah bergabung berlomba-lomba untuk mengisi ruang di World Wide Web.
Pada tahun 1996, Microsoft merilis Flight Simulator untuk Windows 95 waktu pertama dalam sejarah 14-tahun bahwa itu tersedia untuk Windows.

1995–2005: Internet dan Era 32-bit


Gambar5.
Bill Gates menyampaikan deposisinya tahun 1998 pada pengadilan Amerika Serikat v. Microsoft. Setelah Departemen Kehakiman AS mengambil alih kasus ini dari FTC tahun 1993, peperangan hukum antara Microsoft dan departemen hukum terjadi, sehingga memunculkan berbagai ganti rugi dan pemblokiran merger. Microsoft menunjuk-nunjuk perusahaan seperti AOL-Time Warner untuk melindungi diri.[20]

Setelah "memo Internet Tidal Wave" internal Bill Gates tanggal 26 Mei 1995, Microsoft mulai merancang ulang penawarannya dan memperluas jajaran produknya ke jaringan komputer dan World Wide Web. Perusahaan ini merilis Windows 95 tanggal 24 Agustus 1995, dengan tugas ganda bergilir, antarmuka pengguna baru yang dilengkapi tombol 'start', dan kompatibilitas 32-bit; sama seperti NT, SO ini menyediakan API Win32. Windows 95 keluar lengkap dengan layanan daring MSN, dan peramban web Internet Explorer untuk OEM. Internet Explorer tidak disertakan dengan kotak eceran Windows 95 karena kotak tersebut dicetak sebelum tim menyelesaikan pengembangan peramban web tersebut, dan baru disertakan dalam paket Windows 95 Plus!. Dengan perluasan ke pasar baru tahun 1996, Microsoft dan NBC Universal mendirikan stasiun berita kabel 24/7 baru bernama MSNBC. Microsoft merancang Windows CE 1.0, sebuah SO baru yang dirancang untuk peralatan dengan memori rendah dan keterbatasan lainnya, seperti asisten digital pribadi. Bulan Oktober 1997, Departemen Kehakiman mengeluarkan mosi di Pengadilan Distrik Federal, menyatakan bahwa Microsoft melanggar perjanjian yang ditandatangani tahun 1994 dan meminta pengadilan menghentikan pemaketan Internet Explorer bersama Windows.
Tanggal 13 Januari 2000, Bill Gates menyerahkan jabatan CEO kepada Steve Ballmer, teman lama Gates di perguruan tinggi dan karyawan perusahan ini sejak 1980, dan menciptakan jabatan baru untuk dirinya sebagai Kepala Arsitek Perangkat Lunak. Berbagai perusahaan, termasuk Microsoft, membentuk Trusted Computing Platform Alliance pada bulan Oktober 1999 untuk meningkatkan keamanan dan melindungi properti intelektual melalui identifikasi perubahan perangkat keras dan lunak. Kritikus menyatakan aliansi ini merupakan cara untuk memaksakan batasan tanpa pandang bulu tentang bagaimana konsumen memakai perangkat lunak dan bagaimana komputer bereaksi, suatu bentuk manajemen hak digital; misalnya, sebuah komputer tidak hanya diamankan untuk pengguna, tetapi juga diamankan melawan pengguna. Tanggal 3 April 2000, sebuah putusan dijatuhkan dalam kasus Amerika Serikat v. Microsoft, menyebut perusahaan ini melakukan "monopoli kasar"; perusahaan ini menyelesaikan kasus ini dengan Departemen Kehakiman AS tahun 2004. Tanggal 25 Oktober 2001, Microsoft merilis Windows XP, sehinnga menyatukan arus utama dan jajaran NT di bawah basis kode NT.[37] Perusahaan ini meluncurkan Xbox pada akhir tahun 2000, menandakan masuknya Microsoft ke pasar konsol permainan yang selama ini didominasi Sony dan Nintendo. Pada bulan Maret 2004, Uni Eropa mengeluarkan tuntutan hukum antitrust terhadap perusahaan ini, dengan menyebut Microsoft menyalahgunakan dominasinya dengan Windows OS, sehingga berujung pada putusan hakim untuk membayar ganti rugi sebesar €497 juta ($613 juta) dan memproduksi versi baru Windows XP tanpa Windows Media Player, Windows XP Home Edition N dan Windows XP Professional N.

1998–2000: Windows 98, Windows 2000, Windows Me
Windows 98
Dirilis pada tanggal 25 Juni 1998, Windows 98 adalah versi pertama dari Windows yang dirancang khusus untuk konsumen. PC yang umum di tempat kerja dan dirumah, dan warnet di mana Anda bisa online bermunculan. Windows 98 digambarkan sebagai sebuah sistem operasi yang “Works Better, Plays Better.”

Gambar6. Tampilan Windows 98

Dengan Windows 98, Anda dapat menemukan informasi lebih mudah pada PC Anda serta diInternet. perbaikan lainnya mencakup kemampuan untuk membuka dan menutup program lebih cepat, dan dukungan untuk membaca disk DVD dan perangkat universal serial bus (USB). Penampilan lain pertama adalah Quick Launch bar, yang memungkinkan Anda menjalankan program tanpa harus menelusuri menu Start atau mencari nya di desktop.
Windows 98 adalah versi terakhir berbasiskan MS-DOS.

Windows Me
Dirancang untuk digunakan dikomputer rumah, Windows Me menawarkan berbagai musik, video, dan perangkat tambahan dan perbaikan kehandalan jaringan rumah dibandingkan dengan versi windows sebelumnya.

Gambar7. Tampilan Windows Me

Penampilan Pertama: System Restore, sebuah fitur yang dapat memutar kembali konfigurasi perangkat lunak PC Anda ke tanggal atau waktu sebelum masalah terjadi. Windows Movie Maker menyediakan pengguna dengan alat digital untuk mengedit, menyimpan, dan berbagi video dirumah. Dan dengan teknologi Microsoft Windows Media Player 7, Anda dapat menemukan, mengatur, dan memutar media digital.
Secara teknis, Windows Me merupakan sistem operasi Microsoft terakhir yang didasarkan pada basis kode Windows 95. Microsoft mengumumkan bahwa semua produk sistem operasi masa depan akan didasarkan pada kernel Windows NT dan Windows 2000.

Windows 2000 Professional
Lebih dari sekedar upgrade ke Windows NT Workstation 4.0, Windows 2000 Professional dirancang untuk menggantikan Windows 95, Windows 98, dan Windows NT Workstation 4.0 pada semua desktop bisnis dan laptop. terbukti dibangun di atas dasar kode Windows NT Workstation 4.0, Windows 2000 menambahkan peningkatan besar dalam keandalan, kemudahan penggunaan, kompatibilitas Internet, dan dukungan untuk komputasi mobile.

Gambar8. Tampilan Windows 2000

Di antara perbaikan lain, Windows 2000 Professional menyederhanakan instalasi hardware dengan menambahkan dukungan untuk berbagai perangkat keras baru Plug & Play, termasuk jaringan maju dan produk nirkabel, perangkat USB, perangkat IEEE 1394, dan perangkat inframerah.

2001-2005: Windows XP
Pada tanggal 25 Oktober 2001, Windows XP dirilis dengan tampilan didesain ulang dan merasa bahwa itu berpusat pada kegunaan dan terpadu Dukungan Bantuan dan pusat layanan. Dari pertengahan 1970-an sampai peluncuran Windows XP, sekitar 1 milyar PC telah dikapalkan di seluruh dunia.
Gambar9. Tampilan Windows XP

Untuk Microsoft, Windows XP telah menjadi salah satu produk terlaris di tahun-tahun mendatang. Dua-duanya cepat dan stabil. Menjelajahi menu taskbar, Start, dan Control Panel yang lebih intuitif. Kesadaran akan virus komputer dan meningkatkan hacker, tapi ketakutan ini sampai batas tertentu tenang oleh pengiriman update keamanan online. Konsumen mulai mengerti peringatan tentang lampiran yang mencurigakan dan virus. Ada lebih penekanan pada Bantuan dan Dukungan.
Windows XP Home Edition menawarkan desain, bersih visual disederhanakan yang membuat fitur yang sering digunakan lebih mudah diakses. Dirancang untuk digunakan di rumah, Windows XP menawarkan perangkat tambahan seperti Network Setup Wizard, Windows Media Player, Windows Movie Maker, dan meningkatkan kemampuan foto digital.
Windows XP Professional membawakan pada dasar yang kokoh dari Windows 2000 ke desktop PC, meningkatkan kehandalan, keamanan, dan kinerja. Dengan desain visual yang segar, Windows XP Professional mencakup fitur-fitur untuk bisnis dan komputasi rumahan yang canggih, termasuk dukungan remote desktop, sebuah sistem file enkripsi, dan fitur mengembalikan sistem ( system restore ) dan fitur jaringan yang canggih. perangkat kunci tambahan untuk pengguna ponsel termasuk dukungan jaringan nirkabel 802.1x, Windows Messenger, dan Remote Assistance.
Windows XP memiliki beberapa edisi selama tahun-tahun:
  • Windows XP 64-bit Edition (2001) adalah sistem operasi Microsoft pertama untuk prosesor 64-bit yang dirancang untuk bekerja dengan jumlah besar memori dan proyek-proyek seperti efek film khusus, animasi 3D, teknik, dan program ilmiah.
  • Windows XP Media Center Edition (2002) dibuat untuk komputasi rumah dan hiburan. Anda dapat menelusuri Internet, menonton televisi, menikmati musik digital dan koleksi video, dan menonton DVD.
  • Windows XP Tablet PC Edition (2002) menyadari visi komputasi berbasis pena. Tablet PC termasuk pena digital untuk pengenalan tulisan tangan dan Anda dapat juga menggunakan mouse atau keyboard.
Windows XP dihasilkan dari 45 juta baris kode.

2006–2010: Windows Vista, Telepon Genggam, SaaS, Yammer
CEO Steve Ballmer di acara MIX tahun 2008. Dalam wawancara tentang gaya manajemennya tahun 2005, ia menyebutkan bahwa prioritas utamanya adalah mendisiplinkan karyawan-karyawan yang ia delegasikan. Ballmer juga menekankan perlunya terus mengejar teknologi baru meski usaha awalnya gagal, sambil menyebutkan contoh usaha awal dengan Windows.
Dirilis bulan Januari 2007, versi Windows selanjutnya, Windows Vista, berfokus pada fitur, keamanan, dan antarmuka pengguna baru yang dijuluki Aero. Microsoft Office 2007, dirilis pada saat yang sama, menampilkan antarmuka pengguna "Ribbon" yang menjadi perubahan terbesar dari versi sebelumnya. Penjualan kedua produk yang relatif kuat membantu menciptakan rekor laba tahun 2007. Uni Eropa menjatuhkan denda lain senilai €899 juta ($1,4 miliar) atas ketidakpatuhan Microsoft terhadap putusan Maret 2004 pada tanggal 27 Februari 2008, menyatakan bahwa perusahaan ini mendenda pesaing-pesaingnya dengan nilai yang tidak masuk akal atas informasi utama mengenai server kelompok kerja dan administrasinya. Microsoft menyatakan bahwa mereka patuh dan "denda tersebut berkaitan dengan masalah lama yang sudah diselesaikan".
Gambar10. Tampilan Windows Vista

Bill Gates mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Kepala Arsitek Perangkat Lunak pada 27 Juni 2008 dan memegang jabatan lain di Microsoft selain menjadi penasihat perusahaan pada proyek-proyek utama. Azure Services Platform, tanda masuknya Microsoft ke pasar komputasi awan untuk Windows, diluncurkan tanggal 27 Oktober 2008. Pada 12 Februari 2009, Microsoft mengumumkan keinginannya untuk membuka jaringan toko ritel bermerek Microsoft, dan pada 22 Oktober 2009, Microsoft Store pertama dibuka di Scottsdale, Arizona; hari yang sama dengan peluncuran resmi Windows 7. Fokus Windows 7 adalah memperbaiki Vista dengan fitur yang mudah digunakan dan pemutakhiran performa, alih-alih merombak total Windows.
Seiring ledakan industri telepon cerdas yang dimulai tahun 2007, Microsoft berusaha sejajar dengan pesaingnya, Apple dan Google, dalam penyediaan sistem operasi telepon cerdas modern. Sebagai hasilnya, pada tahun 2010, Microsoft merombak sistem operasi telepon genggamnya yang sudah tua, Windows Mobile, dan menggantinya dengan Windows Phone OS yang baru; bersama strategi baru dalam industri telepon cerdas, Microsoft terus bekerja sama dengan manufaktur telepon genggam seperti Nokia dan menyediakan pengalaman pengguna yang konsisten di semua telepon cerdas yang memakai Windows Phone OS. SO ini menggunakan bahasa desain antarmuka pengguna yang baru, "Metro", yang menampilkan bentuk, tipografi, dan ikonografi sederhana.
Microsoft adalah anggota pendiri Open Networking Foundation pada 23 Maret 2011. Perusahaan pendirinya meliputi Google, HP Networking, Yahoo, Verizon, Deutsche Telekom, dan 17 perusahaan lain. Organisasi nirlaba ini berfokus pada penyediaan dukungan untuk inisiatif komputasi awan baru bernama Software-Defined Networking.[51] Inisiatif ini bertujuan untuk mempercepat inovasi melalui perubahan perangkat lunak yang sederhana pada jaringan telekomunikasi, jaringan nirkabel, pusat data, dan wilayah jaringan lainnya.[52]

2009- Windows 7 

Pada 2000-an, dunia nirkabel telah tiba. Ketika Windows 7 dirilis pada bulan Oktober 2009, mengalahkan PC desktop dan laptop itu umum untuk mendapatkan akses online di hotspot nirkabel publik seperti warung kopi. Jaringan nirkabel juga dapat dibuat di kantor atau di rumah.
Windows 7 termasuk banyak fitur, seperti cara-cara baru untuk bekerja dengan windows-Snap, Peek, dan Shake. Windows Touch membuat debutnya, memungkinkan Anda untuk menggunakan jari-jari Anda untuk menelusuri web, flip melalui foto, dan membuka file dan folder. Anda dapat menyalurkan musik, video, dan foto dari PC ke stereo atau TV.
Pada musim gugur 2010, Windows 7 telah terjual tujuh eksemplar – sistem operasi kedua yang paling cepat terjual dalam sejarah.
Windows 7 telah dievaluasi oleh 8 juta penguji beta di seluruh dunia sebelum dirilis.

2012 – Windows 8

Tanggal 31 Mei 2012, Microsoft merilis versi pratinjau perangkat lunak Windows 8 generasi selanjutnya. Perangkat lunak ini dirancang untuk beragam peralatan mulaidari tablet hingga komputer meja.
Tanggal 25 Juni 2012, Microsoft mengumumkan bahwa mereka membeli jejaring sosial Yammer senilai $1,2 miliar.
Tanggal 23 Agustus 2012, Microsoft memperkenalkan logo perusahaan yang baru pada pembukaan toko Microsoft ke-23 di Boston, menandakan perpindahan fokus perusahaan dari gaya klasik ke antarmuka kotak-kotak Metro yang dipakai pada platform Windoes Phone, Xbox 360, dan jajaran produk Windows 8 dan Office Suite selanjutnya.
2013 18 Oktober - Windows 8.1, (Memasuki versi RTM, Versi 6.3 Build 9600 (GA, 17 Oktober 2013))
2014 - Windows 9, masih dalam pengembangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar